I. Pilihlah satu
jawaban yang benar dari a, b, c, atau d pada lembar jawaban yang telah
disediakan!
1.
Ideologi dapat dijadikan suatu pedoman
dalam suatu kegiatan untuk mewujudkan…………..
a.
kebenaran dan keadilan c. kebersamaan
b.
nilai yang termuat didalamnya d. kebebasan dalam berfikir
a.
terbuka terhadap pemikiran dan
perkembangan baru di masyarakat
b.
tidak dapat dikompromikan dengan
kemauan masyarakat
c.
terbuka terhadap pengaruh yang
datangnya dari Negara lain
d.
tidak dapat dipaksakan oleh Negara
lain
3.
Suatu bangsa yang beraneka ragam
ras,etnis,agama dan budaya akan diatur oleh suatu ideologi yang menjadi………….
a.
pengatur bangsa c. pemersatu bangsa
b.
pandangan bangsa d. hukum bangsa
4.
Dengan adanya ideologi dimaksudkan
untuk mendidik masyarakat agar………….
a.
dapat mengemukakan pendapat sesuai
dengan suara hati
b.
tidak ada pemaksaan terhadap suatu
peraturan
c.
dapat meningkatkan kesejahteraan
masyarakat
d.
bertingkah laku sesuai dengan norma
yang berlaku
5.
Secara historis nilai-nilai pancasila
itu sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak………..
a.
dipimpin oleh rakyatnya sendiri
b.
pra kemerdekaan Indonesia
c.
proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945
d.
bangsa Indonesia itu sudah bisa
berdiri sendiri
6.
Menurut Notonegoro terjadinya pancasila
sebagai dasar filsafat Negara memuat hal sebagai berikut, kecuali………
a.
bahan c. bentuk
b.
tujuan d. janji
7.
Pancasila yang dinyatakan resmi
rumusanya terdapat dalam……….
a. Sidang
BPUPKI c. Jakarta carter
b. UUD
1945 d. Pembukaan UUD 1945
8.
Sebagai sumber dari segala sumber
hokum, pancasila memiliki fungsi………
a. tujuan
bangsa c. dasar Negara
b. pemersatu
bangsa d. perjanjian bangsa
9.
Perilaku yang kurang sesuai dengan kreteria
Nasionalisme Pancasila yaitu…………..
a.
ikut bekerja bakti di kampong c. menghormati orang lain
b.
hanya bergaul dengan kelompoknya saja d.
berbuat secara adil dan benar
10.
Menghargai orang lain merupakan sikap
orang yang merdeka,oleh sebab itu kebebasan yang diperoleh hendaknya……………
a.
dipergunakan sebagai alat menjadikan
orang lain menjadi keluarga dalam rumah tangga
b.
dipergunakan sebagai alat menjadikan
orang lain merasa resah tidak bahagia
c.
dipergunakan alat menjadikan orang
lain tidak bahagia
d.
dipergunakan sebagai alat orang lain
merasa sejahtera dan bahagia
11.
Penerapan nilai-nilai pancasila dapat
dibangun dan ditumbuhkembangkan melalui proses…
a.
sosialisasi dengan masyarakat
b.
pembelajaran tentang nilai dan sikap
yang sesuai dengan pancasila
c.
perkembangan dan pertumbuhan sifat
manusia
d.
pembenahan diri
12.
Di bawah ini merupakan usaha-usaha
untuk melestarikan budaya bangsa, kecuali………
a.
memasukkan nilai-nilai budaya bangsa
melalui kurikulum pendidikan dasar di sekolah
b.
mengadakan pertukaran budaya antar
wilayah
c.
memberikan dukungan moril dan
materiil dalam upaya pembinaan sanggar
budaya
d.
menjakan budaya asing menjadi budaya
bangsa
13.
Menurut cara mengubah
konstitusi,apabila konstitusi dalam merubahnya tidak memerlukan cara yang
istimewa maka konstitusi tersebut bersifat……………
a.
rigit c. tertulis
b.
fleksibel d. kaku
14.
Bentuk pemerintahan pada masa
konstitusi RIS ialah………….
a.
republik c. kesatuan
b.
federal d. kerajaan
15.
Berikut ini yang bukan merupakan
sifat konstitusi adalah………….
a.
supel dan lemah c. tertulis dan tidak tertulis
b.
fleksibel d. rigid
16.
Istilah konstitusi berasal dari kata constituer
kata constituer berasal dari bahasa………….
a.
Belanda c. Prancis
b.
Inggris d. Italia
17.
Konstitusi dalam arti hukum memerlukan
syarat,yaitu…………….
a.
bentunya sebagai naskah tertulis
merupakan undang undang yang berlaku dalam suatu Negara
b.
isinya merupakan suatu kebiasaan di
masyarakat
c.
merupakan suatu kesepakatan antara dua
belah pihak
d.
ditetapkan oleh masyarakat setempat
18.
Jika sebuah konstitusi tidak mudah
mengikuti perkembangan zaman,maka konstitusi tersebut bersifat……………
a.
fleksibel c. rigid
b.
kontinew d. langgeng
19.
Penyimpangan konstitusi pada masa orde
baru adalah…………..
a.
penyelenggara yang otoriter c. presiden mengangkat duta dan konsul
b.
presiden adalah mandataris MPR d. presiden mengangkat menteri Negara
20.
UUD 1945 merupakan peraturan Negara
yang tertinggi dalam………….
a.
urutan perundangan c. negara republic Indonesia
b.
tata urutan perundang-undangan d. hararki hukum Indonesia
21.
Lembaga yang memiliki wewnang mengubah UUD adalah……………
a.
MPR c. DPR
b.
presiden d. MA
22.
Salah satu manfaat adanya peraturan
perundang- undangan adalah………………
a.
menghambat kreatifitas masyarakat c. menjaga keamanan dan ketertiban
b.
mengatur kehidupan masyarakat d. memperluas KKN
23.
UUD 1945 isinya telah banyak
mengalami perubahan,hal ini
disebabkan…………
a.
masyarakat yang senantiasa berkembang
b.
anjuran pemerintah
c.
tuntutan masyarakat yang meminta untuk
dirubah
d.
disesuaikan dengan dinamika
perkembangan masyarakat
24.
Menurut Ismail Sunny perubahan
konstitusi dapat terjadi karena hal sebagai berikut,kecuali…
a.
permintaan Negara c. penafsiran hokum
b.
perubahan resmi d. konvensi
25.
Perubahan ketiga UUD 1945 terjadi pada
tanggal………………………
a.
19 Agustus 1999 c. 10 Agustus 2000
b.
18 Agustus 2001 d. 10 Nofember 2001
26.
Terjadinya pelanggaran terhadap suatu
peraturan dapat menyebabkan …………….
a.
keresahan masyarakat c. cita-cita yang kandas
b.
turunya martabat d. penderitaan yang berkepanjangan
27.
Sikap positif kita terhadap peraturan
perundangan dapat mendukung pribadi kita dalam menerapkan……………
a.
kesadaran c. keinginan
b.
kedisiplinan d. keadilan
28.
Di antara perundang-undangan di bawah
ini yang tertinggi tingkatanya adalah………
a.
peraturan pemerintah c. keppres
b.
perpu d. undang-undang
29.
Apabila perpu dibuat oleh presiden
tidak mendapat persetujuan dari DPR maka
a.
diajukan ke persidangan selkanjutnya c.
tetap di sahkan
b.
dicabut d. direvisi
30.
Peraturan pemerintah diadakan untuk
menjalankan………….
a.
TAP MPR c. keppres
b.
peraturan daerah d. undang-undang
31.
Tata urutan peraturan
perundang-undangan RI berdasarkan pada
ketetapan MPR nomor…….
a.
I/MPR/2000 c. III/MPR/2000
b.
II/MPR/2000 d. IV/MPR/2000
32.
Kekuasaan membuat undang-undang
dipegang oleh suatu badan ,yaitu………..
a.
badan eksekutif c. badan legeslatif
b.
badan konstituante d. badan yudikatif
33.
Proses penyusunan peraturan
perundang-undangan dimulai dengan tahap inisiasi yaitu………
a.
munculnya gagasan dalam masyarakat c. perumusan dalam bahasa hokum
b.
penampungan gagasan dari berbagai
sumber d. pengundangan dalam lembaran Negara
34.
RUU yang diajukan oleh presiden maupun
DPR diproses melalui………..
a.
permusyawaratan dalam
persdidangan DPR secara demokratis
b.
pemilihan umum
c.
beberapa kali masa sidang
d.
proses yang rumit
35.
Suatu upaya untuk menekan terjadinya
korupsi di Indonesia dengan cara…………….
a.
menjadikan korupsi sebagai suatu
pengalaman c. menghukum seberat-beratnya koruptor
b.
meneliti hasil kekayaan Negara d. hanya disuruh mengganti uang saja
36.
Di Indonesia kasus korupsi sulit
diberantas, salah satunya disebabkan oleh…………..
a.
lemahnya hokum di Indonesia
b.
hakim yang dapat dipermainkan
c.
negara yang super power
d.
aparat penegak hokum takut pada
pemerintah yang berkuasa
37.
Tindakan korupsi bertentangan dengan
perbuatan pancasila pada sila ke………….
a.
satu dan dua c. empat dan lima
b.
satu dan lima d. dua dan lima
38.
Warga Negara yang melakukan tindakan
pidana korupsi harus………………
a.
ditindak saj, besok akan terkena hokum
karma
b.
ditindak menurut hokum yang berlaku
c.
ditindak menurut petunjuk dari penyelenggara Negara
d.
ditindak menurut kehendaknya sendiri
39.
PK berwenang untuk melakukan tindakan
seperti dibawah ini, kecuali………..
a.
merampas harta kekayaan seseorang
hasil darikorupsi
b.
melakukan penyadapan dan merekam pembicaraan
c.
meminta data kekayaan dan kekayaan
tersangka kepada instansi terkait
d.
memblokir rekening seseorang yang diduga hasil korupsi
40.
Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, komisi pemberantasan korupsi
berasaskan pada……
a.
keterbukaan dan kejujuran c. kepandaian dan keahlian
b.
kepastian hokum dan proporsionalitas d.
akuntabilitas dan kecerdikan
II.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan dengan jelas dan benar !
41. Sebutkan
arti dan fungsi pancasila dalam hubunganya dengan bangsa.
42. Sebutkan
2 manfaat dari ideology.
43. Pada
tahun berapa saja UUD 1945 mengalami amandemen.
44. Sebutkan
tata urutan perundang-undangan RI menurut ketetapan MPR No.III/MPR/2000.
45. Jelaskan
apa yang dimaksud korupsi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar